Monday, January 11, 2016

Wordpress, Apa itu Wordpress?

Wordpress
Hosting terbesar di dunia
Hosting terbesar di dunia

Penjelasan Mengenai Wordpress

Apa itu WordPress? WordPress merupakan sebuah platform publikasi online. Platform ini dikenal sebagai self hosted blogging tools terbesar di dunia yang digunakan lebih dari 23.3% top 10 million websites. WordPress juga merupakan penyedia sistem blogging yang paling populer digunakan lebih dari 60 juta website di seluruh dunia.
WordPress mengusung konsep open source, dimana seluruh komponen dikerjakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Hal ini juga mengartikan bahwa kita bisa menggunakan WordPress untuk apapun, mulai dari buku harian online, hingga website bisnis profesional.

Layanan WordPress

WordPress dimulai sebagai sebuah proyek sistem blogging. Pada perkembangannya, website ini berevolusi menjadi sebuah sistem manajemen konten yang menyeluruh. Plugins & widgets serta tema ditambahkan untuk mempercantikan tampilan halaman pengguna.

WordPress.org
Lebih mengarah pada penyediaan software blogging dan sistem manajemen konten. Website ini memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal script software WordPress. Software ini bisa diatur dan digunakan untuk meningkatkan kinerja website Anda.

WordPress.com
Merupakan website komersial tempat Anda bisa hosting website, baik secara gratis maupun berbayar (tahunan). Website ini memungkinkan Anda untuk membuat blog baru dengan sangat mudah, tanpa dikenakan biaya.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Meski berada dalam satu bendera, terdapat perbedaan signifikan antara WordPress berekstensi.org dengan yang berekstensi.com. Mari kita simak beberapa perbedaan besarnya:

WordPress.org
  • segi biaya : paket penawaran lebih murah dari WordPress.com, namun harus didukung dengan membeli domain dan themes dari situs lain dengan biaya akumulasi yang mungkin bisa meningkat jauh
  • lebih bebas diutak-atik tanpa batasan karena dilakukan sendiri oleh pengguna
  • maintenance dilakukan bebas dan sendiri oleh pengguna
WordPress.com
  • segi biaya : terdapat 3 paket penawaran; yaitu free, premium, dan business. Paket business biayanya lebih mahal dari yang ditawarkan WordPress.org, namun sudah menyediakan layanan lengkap mulai dari blog, custom domain, advanced customization, 50+ tema premium (berbayar), eCommerce, ruang penyimpanan tak terbatas, tanpa iklan, dan live chat support
  • terdapat beberapa batasan pengaturan karena ada bagian yang dikerjakan oleh tim dari WordPress.com
  • maintenance adalah hal yang tidak perlu Anda khawatirkan karena semuanya dikerjakan oleh tim WordPress.com sendiri
Untuk lebih memudahkan, Anda bisa melihat gambar berikut ini:
Perbandingan WordPress com dan org

Perbandingan WordPress com dan WordPress.org

WordPress untuk Bisnis

Meskipun pengembangan utama WordPress adalah sebagai platform blogging, potensi bisnis tetap dimiliki oleh platform ini. Setidaknya ada 10 alasan mengapa WordPress bisa sangat menunjang bisnis Anda di dunia online.
  1. Software-nya “gratis” : Anda bisa memulai website bisnis dengan template gratis. Platform ini memungkinkan Anda untuk mengawali bisnis online secara hemat biaya. Biaya di awal yang Anda keluarkan hanyalah ongkos hosting.
  2. WordPress berkonsep open source : Hal ini penting untuk bisnis karena mengartikan bahwa teknologi yang menyokong WordPress bersifat transparan untuk pengembangan yang lebih mudah. Anda bisa menemukan banyak sekali tema baru dan plugins menarik yang dibagikan para pengguna WordPress. Pengembangan yang sangat terbuka ini membuat Anda bisa menikmati banyak fitur yang sangat memudahkan sekalipun untuk pemula.
  3. Bisa digunakan untuk blogging sederhana hingga website dengan konten lengkap, sehingga Anda cukup menggunakan program yang sama untuk membuat website sekaligus blog bisnis.
  4. Sangat optimal untuk SEO : Platform ini memiliki manfaat SEO yang langsung siap di dalamnya, sehingga WordPress cenderung memiliki performa lebih baik di mesin pencarian dan dengan cepat mendapat rank bagus.
  5. Mudah di-update: Anda bisa menginstalnya dengan mudah, tidak sampai 5 menit untuk memasang software (one click installation). Setelah terpasang, Anda juga mudah meng-update konten dan membuat laman baru meskipun tidak memahami bahasa HTML.
  6. Memiliki banyak fitur : mulai dari fitur polling, form kontak, back up website, blok spam, mempercepat loading page, dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan dan mengelolanya sendiri tanpa harus dibantu seorang ahli website.
  7. Adanya komunitas pendukung memudahkan Anda menemukan solusi dari kendala saat mengggunakan WordPress. Anda pun bisa mempekerjakan teknisi/pengembang WordPress jika ingin melakukan pengaturan spesifik.
  8. Bisa dikelola banyak pengguna : Anda bisa menentukan banyaknya pengelola website WordPress Anda, sekaligus mengatur jenis akses/permission bagi setiap pengelolanya.
  9. WordPress mendukung self-hosted : Anda bisa menggunakan versi hosting mandiri untuk meningkatkan fleksibilitas pengaturan fitur dan desain website agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

WordPress merupakan sebuah platform blogging, dan software sistem manajemen konten yang digunakan untuk membuat blog sederhana maupun website bisnis secara mudah. Platform ini adalah yang terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dari berbagai kalangan. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan, dan bisa memilih WordPress.com atau WordPress.org. Meskipun pengembangan utamanya adalah sebagai platform blogging, WordPress juga memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya sangat cocok untuk mendukung kesuksesan bisnis online.

Sumber:  http://www.agateseo.com/penjelasan-lengkap-mengenai-apa-itu-wordpress/

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, dan bijak.
Mohon tidak berkomentar bernada penjualan atau promosi.
Berbagi itu indah, Sertakan sumber jika ingin mengcopy. Trmksh

Wisata Rontog - River Tubing

Wisata Alam Rontog terletak di Kp. Rontog Wetan Desa Cibeusi Kec.Ciater-Subang. Di sana pengunjung bisa seru-seruan bermain River Tubing me...