Saturday, January 9, 2016

Cara Mengaplikasikan Teknologi Lampu Hazard Pada Sepeda Motor

Cara Membuat Lampu Hazard Pada Sepeda Motor 

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu Cara Membuat Lampu Hazard Pada Sepeda Motor. Apa yang di maksud dengan lampu Hazard? Lampu hazard adalah teknologi yang terdapat pada mobil yang bila mana kita menekan saklar warna segitiga merah maka akan menghidupkan/menyalakan semua (4) lampu sein pada waktu yang bersamaan.. Teknologi ini sering dibilang orang-orang dengan sebutan lampu bahaya.

Karna teknologi ini di rancang untuk simbol bahaya / hati-hati pada sebuah kendaraan, khusus nya pada kendaraan roda 4 atau lebih.
Tapi jangan khawatir bagi anda para bikers, karna teknologi ini juga sudah banyak dipasang pada kendaraan roda dua, kebanyakan orang-orang yang sering touring/konvoi biasa mengaplikasikan/memasang lampu bahaya (lampu hazard). tapi lampu bahaya ini juga harus tepat dalam penggunaannya. Jangan asal-asalan menyalakan teknologi ini juga ya.

Cara Membuat Lampu Hazard (sein) Nyala Semua



Langsung saja berikut tips sederhana membuat Lampu Hazard (lampu sein) nyala semua pada sepeda motor.

Cara Membuat Lampu Hazard (sein) Nyala Semua Pada Sepeda Motor

Sebenarnya untuk membuat lampu Hazard (lampu sein) di motor cukup mudah, Hanya menghubungkan lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Tetapi untuk menghasilkan nyala lampu sein lebih sempurna dengan kedipan normal anda harus mengganti komponen flasher. Apa itu “Flasher”? Flasher adalah rangkaian komponen yang berfungsi untuk mengedipkan lampu sein. Nah, untuk membuat lampu sein (hazard) nyala semua di motor anda harus mengganti komponen flasher motor dengan flasher mobil.
1. Cari lokasi flasher. 
Caranya mudah. Nyalakan lampu sein tanpa menghidupkan mesin motor. Cari sumber bunyi tik-tok-tik-tok, di situlah letak flasher.
Ganti flasher bawaan dengan flasher mobil yang tiga kaki. seperti dibawah ini:

Sambungkan kaki bertanda B dan L pada songket aslinya kemudian kaki bertanda E anda beri masa/ground. Kaki E beri kabel secukupnya lalu anda sambungkan pada baud body/sasis.

2. Cari kabel positif kedua lampu sein depan
Anda cari kabel positif kedua lampu sein depan biasanya terletak di batok depan dekat lampu sein itu sendiri. kalo sudah ketemu kabel positif kedua sein lalu anda kupass kabel ter sebut kemudian sambung dengan kabel tambahan secara pararel, kemudian kabel yang sudah dipararel tadi sambungkan pada saklar 3 kaki harus percis seperti gambar.

sambungkan kabel positif sein kanan ke kaki saklar paling pinggir kiri "ingat bukan kaki yang berwarna kuning", kemudian kabel positif sein kiri sambungkan ke kaki saklar yang tengah.


3. Cari kabel induk sein

cari kabel yang tadi dari flasher yangbersimbol L. cara yang lebih mudah liat dari saklar sein orsinil. di saklar sein orsinil ada 3 kabel, ambil kabel yang tengah karna itu kabel induk sein nya. kalo kabel yang sisanya lagi yang dua itu kabel positif sein kiri dan kanan.
kemudian kabel induk sein tadi lalu anda kupas dan tambahkan kabel seperlunya kemudian sambungkan ke saklar merah tadi yang paling pinggir berwarna kuning.

4. Letakan dan rapihkan
tahap terakhir ini anda tinggal menempatkan saklar sesuai yang anda inginkan, kalo bisa jangan terlalu jauh dan jangan terlalu tersembunyi menaruhnya soalnya bakalan susah dijangkaunya.
dan rapihkan kabel2 yang anda rangkai tadi kalo bisa dibungkus pake lakban hitam.

Nah sekian mengenai pemasangan lampu bahaya (lampu hazard) pada kendaraan roa dua (Motor), Semoga tips ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.
 
Sumber: http://www.balabala07.tk/2015/05/cara-membuat-lampu-hazard-pada-sepeda.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, dan bijak.
Mohon tidak berkomentar bernada penjualan atau promosi.
Berbagi itu indah, Sertakan sumber jika ingin mengcopy. Trmksh

Wisata Rontog - River Tubing

Wisata Alam Rontog terletak di Kp. Rontog Wetan Desa Cibeusi Kec.Ciater-Subang. Di sana pengunjung bisa seru-seruan bermain River Tubing me...