Saturday, January 9, 2016

Relay dan Kegunaannya

Pengertian Relay dan Fungsinya


Secara sederhana relay dapat diartikan sebagai sebuah sistem rangkaian elektronika dan rangkaian listrik untukk menggerakkan sebuah perangkat yang memerlukan arus besar tanpa terhubung langsung dengan perangkat pengendali yang berarus kecil. Dengan demikian relay berfungsi sebagai pengaman. Oleh karena itu relay biasanya digunakan pada rangkaian lampu kepala.

Pada umumnya relay memiliki 4 terminal yaitu terminal 30 dan 87 yang berehubungan dengan kontak point dan juga terminal 85 dan 86 yang berhubungan dengan elektromagnetik. Untuk jelasnya bisa lihat gambar berikut:

Relay 4 kaki
Tujuan Pemakaian Relay Dalam Kendaraan
Karena prinsip kerja relay menggunakan elektromagnetik switch maka relay dapat digunakan pada berbagai macam kendaraan. Berikut penggunaan relay pada kendaraan:
  1. Untuk membuat lampu lebih terang. Lampu kepala yang mulai redup bisa dikarenakan bertambah besarnya tahanan pada rangkaian lampu kepala. Hal ini dapat diakali dengan menggunakan relay. Prinsip kerjanya seperti ini, Arus listrik dari baterai langsung dialirkan ke lampu utama/kepala melalui terminal 30 dan 87 pada relay. Sedangkan arus listrik yang mengalir dari rangkaian dapat digunakan untuk menghidupkan elektromagnetik relay pada terminal 85 dan 86. 
  2. Membuat kunci pengaman pada kendaraan. Relay juga dapat digunakan untuk kunci pengaman pada kendaraan. Prinsipnya relay digunakan untuk saklar yang memutus dan menghubungkan arus listrik menuju koil.
Demikian Penjelasan mengenai relay dan fungsinya pada kendaraan. Semoga bermanfaat.
 
Sumber:  http://sidumot.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-relay-dan-fungsinya.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, dan bijak.
Mohon tidak berkomentar bernada penjualan atau promosi.
Berbagi itu indah, Sertakan sumber jika ingin mengcopy. Trmksh

Wisata Rontog - River Tubing

Wisata Alam Rontog terletak di Kp. Rontog Wetan Desa Cibeusi Kec.Ciater-Subang. Di sana pengunjung bisa seru-seruan bermain River Tubing me...