Honda Tiger Sang Legendaris
Kali ini saya akan membahas mengenai sang legendaris yaitu Honda Tiger yang kabarnya mulai stop produksi dari akhir tahun 2012. Untuk motor yang masih tersedia di dealer pada tahun 2016 ini mungkin itu hanyalah sisa stock yang ada.Oke, lanjut.. Siapa sih yang tak kenal Honda Tiger? saya yakin rata-rata orang dari kota sampai dusun sudah mengenalnya, karena motor ini sudah mengaspal selama 20 tahun. Honda Tiger sudah terkenal reputasi akan ketangguhan mesinnya yang cocok buat berkendara jarak jauh. Spare partnya juga mudah ditemui di Resmi Honda Ahass.
Honda Tiger merupakan sepeda motor dengan kapasitas mesin tertinggi yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk saat ini. Karena untuk motor dengan kapasitas mesin lebih besar, seperti Honda CBR250R masih berstatus import dari Thailand. Kita lanjut lagi pembahasannya,
Diperkenalkan pertama kali pada bulan Agustus 1993, Honda Tiger telah terjual lebih dari 440,000 unit (per April 2012). Dahulu, motor ini menjadi simbol kemapanan dari rider yang memilikinya. Di saat kompetitor masih pada fokus di sport 2 tak, justru Honda melihat peluang dengan memasarkan Tiger 2000 yang terlihat mewah, elegan, macho, dan tampilan neo classic moge look pada saat itu.
Mengenai detail perubahan tiap generasi adalah akan dijelaskan pada uraian di bawah ini :
Honda Tiger 2000
Generasi ini terbagi menjadi dua periode, yaitu :
1. Super Cruiser
>Kode produksi: GL-200
>Tahun produksi: 1993 – 2002
>Variasi warna: 1993 – 1996: Hijau gelap, Merah marun, Biru keunguan, dan kuning yang merupakan edisi terbatas. 1996 – 2002: Perak, Hitam. 1998 – 2002: Merah, Perak.
>Ciri khas: Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan satu bohlam. Lampu depan menggunakan reflektor multilensa.
>Handlebar belakang terpisah kiri dan kanan.
>Indikator speedometer dan tachometer berwarna hijau dengan dasar putih.
>Logo Tiger 2000 pada tangki masih berjenis stiker (1993 – 1996), lalu berganti menjadi emblem logam (1997 – 2002).
>Rumah lampu depan & lampu sein warna hitam (1993 – 1996), lalu berlapis chrome perak (1997 – 2002).
>Velg jari-jari (1993 – 1998), lalu ada pilihan velg palang dengan palang 6 bermerek Enkei (1998 – 2002).
>Desain persis seperti Honda CBX200 dari Brasil.
2. New Super Cruiser
Honda pada periode produksi ini memiliki sedikit perubahan pada desain dan warna dari generasi sebelumnya.
>Kode produksi: GL-200S
>Tahun produksi: 2002 – Oktober 2006
>Variasi warna: 2004: permulaan varian dual tone color, perak dan hitam. 2005: muncul varian warna biru (velg jari-jari).
>Perubahan desain bodi: Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut . Handlebar belakang menyatu. Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan 2 bohlam berjajar horizontal.
>Indikator speedometer dan tachometer berwarna jingga dengan dasar kelabu.
>Logo Tiger 2000 pada tangki berjenis emblem logam.
>Rumah lampu depan dan lampu sein berlapis chrome perak.
Honda Tiger Revolution Cruiser
Pada Honda Tiger generasi ini dilakukan perubahan total pada desain tangki, bodi, stoplamp, peredam kejut, dan sistem knalpot.
>Kode produksi: GL-200D (velg jari-jari) & GL-200R (velg palang)
>Tahun produksi: Oktober 2006 – November 2008
>Pilihan warna: Hitam, Merah marun, Biru, Perak
>Perubahan desain: Tangki baru dengan shroud besar.
>Desain bodi belakang berbentuk meruncing.
>Lampu rem belakang menggunakan dua bohlam berjajar vertikal.
>Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut dengan tambahan mini visor di atasnya. Handlebar belakang terpisah kiri dan kanan.
>Logo baru berjenis stiker pada tangki bertuliskan TIGER.
>Desain velg baru bermerek Enkei.
>Shockbreaker belakang dengan tambahan reservoir oli (untuk versi velg palang).
>Blok crankcase mesin kiri dan kanan dicat hitam doff.
>Desain knalpot baru dengan pelindung panas.
>Diperkenalkannya SASS (secondary air supply sistem) untuk mengurangi tingkat emisi gas buang knalpot.
Honda Tiger New Revolution Cruiser
Generasi ini terbagi atas 3 periode, yaitu :
1. Honda Tiger 2008
Honda Tiger produk tahun ini dirilis dengan moto “Legendary Ride, New Spirit!” yang menggambarkan semangat baru dari sang legenda produksi Astra Honda Motor. Pada periode ini terdapat perubahan utama pada headlight, panel meter, shroud, tail light, dan muffler heat protector.
>Kode produksi: GL-200R1
>Tahun produksi: November 2008 – 2010
>Variasi warna: Hitam, Abu-abu
>Ciri lain: Desain shroud model baru.
>Lampu belakang menggunakan dua jenis berbeda: LED (lampu rem) dan lampu pijar (lampu senja).
>Lampu depan desain baru: asymmetric headlamp dengan lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi.
2. Honda Tiger 2010 (Lampu Batman)
Pada periode ini terdapat lebih banyak pilihan, single dan asymmetric lamp. Honda Tiger pada generasi ini memiliki 2 varian yang diproduksi secara paralel, yaitu versi asymmetric headlamp (yang sudah lebih dahulu muncul) dan varian terbaru single headlamp.
>Kode produksi: GL-200RA1 (single headlamp)
>Tahun produksi: 2010 – 2012
>Variasi warna menggunakan tema nama-nama pegunungan di Indonesia dan dunia:
>Single headlamp: Black Bromo, Red Krakatau, Grey Leuser.
>Dual headlamp: Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus, White Cartenz.
3. Honda Tiger 2012
Pada tahun 2012, Astra Honda Motor merilis Honda Tiger dengan empat variasi warna dan striping baru yang menggambarkan penghormatan, kepercayaan, kesetiaan, dan persatuan komunitas pemilik Honda Tiger yang berjumlah 200 komunitas dengan 20.000 anggota.
Empat warna Honda Tiger tersebut adalah:
Respect Red, Trust Violet, Loyal White, Unity Black
Periode ini merupakan produk terakhir dari Honda Tiger New Revolution Cruiser, dan pertanda akan terlahirnya produk dari Astra Honda Motor yang lebih inovatif dengan merek dagang berlabel Tiger dengan sistem injeksi bahan bakar dan tampilan yang lebih futuristik.
Edisi spesial
Honda Tiger pernah beberapa kali dijadikan sebagai hadiah dari undian yang diselenggarakan oleh beberapa produsen, yaitu:
1. Sprite memberikan Honda Tiger 1996 dengan cat khusus bermotif khas minuman ringan tersebut dengan warna biru dan hijau.
2. Castrol memberikan Honda Tiger 2005 dengan modifikasi full fairing dengan cat bermotif khas produsen oli tersebut.
Berikut ini adalah spesifikasi Honda Tiger (spesifikasi ini ada yg berbeda untuk beberapa generasi) :
>Produsen : Astra Honda Motor (AHM)
>Nama lain : GL-200
>Tahun Produksi : 1993-2013
>Mesin 200 cc (pembulatan), 4 langkah SOHC, berpendingin udara Bore x Stroke : 63,5 x 62,2 mm
Perbandingan Kompresi 9,0 : 1
>Daya on crankshaft : 17,4 PS / 8.500 RPM (16, 7 PS Tiger Revolution series)
>Torsi on crankshaft : 1,62 kgf.m / 6.500 RPM
>Pengapian : CDI-AC, Magneto
>Sistem transmisi : 6 percepatan berpola 1-N-2-3-4-5-6
>Rangka : Pola berlian
>Suspensi Depan : teleskopik
>Suspensi Belakang : peredam kejut ganda dengan pengaturan
>Rem Depan : cakram
>Rem Belakang : tromol/cakram
>Ban Depan : 2,75 – 18 – 42L
>Ban Belakangn : 100/90 – 18 – 47P
>Jarak sumbu roda : 1330 mm
>Dimensi keseluruhan : P 1990 mm, L 742 mm, T 1035 mm
>Tinggi jok dari lantai : 740 mm
>Berat : 123 – 139 kg (dry)
>Kapasitas Tangki : 13 liter (13, 2 liter Tiger Revolution series)
>Kapasitas Pelumas : 1 liter
>Konsumsi bahan bakar 40 km/liter
Demikian sekilas perjalanan Honda Tiger yang telah melewati dua dasawarsa dan tercatat sebagai salah satu legenda motor di Indonesia, menemani motor legendaris lainnya, seperti Yamaha RX King.
Saya berharap, penerus sang Legendaris Honda Tiger nantinya lebih bertaring lagi, dan dapat meneruskan ketenarannya. Demikian, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Note : Data Spesifikasi dari Wikipedia.
Sumber: http://prasetyo676.com/2014/03/31/honda-tiger-sang-legendaris/
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, dan bijak.
Mohon tidak berkomentar bernada penjualan atau promosi.
Berbagi itu indah, Sertakan sumber jika ingin mengcopy. Trmksh